Senin, 26 September 2011

Filipina: Pemilu 2010

Pada bulan Mei 2010 Republik Filipina dilakukan pemilihan otomatis pertama di Asia Tenggara: pemilihan terbesar yang pernah dilakukan sebuah perusahaan swasta. Lebih dari 85.000 kandidat yang bertarung untuk 17.000 bangku, 50.700.000 pemilih, 82.200 suara mesin, lebih dari 800 juta suara, ditransmisikan, dan dihitung, di seluruh kepulauan Filipina yang terdiri dari 7.107 pulau.



  

Untuk pertama kalinya, rakyat Filipina dapat mengetahui hasil pemilihan pada hari itu juga: satu jam setengah setelah pemungutan suara ditutup, 40% dari hasil yang telah dikirim dan dihitung. Dalam pemilihan terakhir, misalnya pada tahun 2004, 40 hari dihabiskan penghitungan suara secara manual untuk memberitakan Presiden baru terpilih.

Hal ini belum pernah terjadi dalam sejarah Filipina, di mana jumlah pemilih mencapai 76% mengagumkan, Smartmatic menyampaikan hasil yang dapat diandalkan yang diterima oleh partai politik berpartisipasi. Tingkat kecepatan, transparansi dan penerimaan dari hasil berarti kontribusi yang signifikan terhadap proses demokrasi bangsa Asia.

Merubah paradigma, Mecatat Sejarah Demokrasi
Sebelum otomatisasi pemilihan di Filipina, butuh beberapa minggu untuk mengetahui hasil pemilihan menjadi sumber keresahan sosial, mengahkibatkan tuduhan penipuan, maka terjadi bertumpahan darah antara masyarakat ketika hasil final pemilu diumumkan.

Karena situasi ini serta untuk mengwujudkan transparansi dalam proses pemilihan, pada 2007 Kongres mengeluarkan UU Filipina RA 9369, yang mengarahkan otomatisasi dari semua pemilihan lokal dan nasional berikutnya wajib. Mematuhi mandat ini, Komisi Pemilihan Umum memilih teknologi pemindaian untuk pemilu 2010 Mei yang memungkinkan untuk menghitung cepat dan efektif suara.

Acara pemilihan ini penting untuk Filipina, seperti sekarang hasil yang tiba di andal, cepat, dan dengan legitimasi, urutan tinggi dalam pandangan dari banyak seginya karakteristik geografis dan etnis negara. Kemampuan untuk mudah melakukan audit di berbagai tingkatan merupakan faktor kunci dalam proses ini, dan keuntungan dari solusi pemilu kami dibuktikan melalui uji lapangan banyak dilakukan selama bulan-bulan sebelumnya.


Smartmatic e-Counting Devices | SAES-1800 
  • Over 99.99999% accurate
  • Supports any mark type, such as shaded circles (full and partial), checkmarks and/or crosses.
  • The LCD display can be configured to provide real-time feedback to the voter on the choices selected.
  • Supports multiple ballot layouts.
  • Full ballot-level audit log of each scanned ballot.
  • Low maintenance